Selasa, 29 Desember 2015

Contoh Penulisan Ilmiah

TUGAS PROPOSAL PENULISAN ILMIAH


PERANCANGAN PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB


DIAJUKAN OLEH

ZAKHARIA TITUS MUNARTO
NPM : 19113658

PROGRAM SARJANA SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015


BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang :

    Internet sebagai media informasi dan komunikasi yang relatif baru di kalangan masyarakat menawarkan kemudahan dan fleksibilitas yang cukup memadai ketika menjadi media. Sistem informasi berbasis komputer dibutuhkan oleh perguruan tinggi misalnya untuk mengelola data akademik, sumber daya manusia, promosi, pendidikan, dan hiburan. Salah satu bagian di perguruan tinggi yang membutuhkan sistem informasi yang akurat dan cepat adalah pada bagian perpustakaan. Perpustakaan merupakan sarana sumber ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu. Perpustakaan biasanya difungsikan oleh pengunjung sebagai media untuk mencari referensi dan memperoleh informasi. Saat ini banyak dikembangkan dalam bentuk perpustakaan yang lain yaitu apa yang disebut dengan perpustakaan elektronik yang menggunakan sarana Internet sebagai medianya.
   Kekurangan yang terdapat pada pelayanan perpustakaan yaitu belum adanya pelayanan perpustakaan melalui media Internet dan hanya menggunakan pelayanan perpustakaan secara manual, antara lain efektifitas dan efisiensi yang hanya mengurangi waktu dan mengurangi tingkat kemudahan bagi pengguna ataupun anggota dari perpustakaan. Oleh karena itu, pada penelitian ini diusulkan suatu solusi bagaimana merancang sebuah web perpustakaan yang cukup layak digunakan agar pengguna dapat melakukan (searching), pemesanan (booking) dan pengambilan buku yang ada di perpustakaan secara online.

    Alasan saya memilih perpustakaan berbasis web karena perpustakaan biasanya difungsikan oleh pengunjung sebagai media untuk mencari referensi dan memperoleh informasi. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah banyak perpustakaan yang belum memiliki sistem informasi berbentuk web secara online untuk pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sebuah sistem informasi perpustakaan berbasis web serta melakukan pengujian terhadap unjuk kerja dari system informasi perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi perpustakaan berbasis web yang dibangun dengan perangkat lunak PHP dan MySQL, dapat bekerja dalam jaringan Internet, dengan kemampuan dapat menerima data kunjungan terhadap WEB perpustakaan, melayani registrasi anggota untuk mendapatkan akses yang lebih luas, memberikan layanan kebutuhan informasi terhadap ketersediaan buku dalam bentuk searching, melayani pemesanan dan pengambilan pesanan buku dari anggota, melayani transaksi peminjaman dan pengembalian secara langsung.

A. Kelebihan Perpustakaan Berbasis Web

     Saya memilih merancang perpustakaan berbasis web karena mempunyai kelebihan-kelebihan daripada perpustakaan tradisional. Berikut Kelebihan perpustakaan berbasis web :
- Tidak dibatasi ruang.
- Tidak dibatasi waktu.
- Penggunaan informasi lebih efisien.
- Pendekatan berstruktur.
- Lebih akurat.
- Keaslian dokumen tetap terjamin.
- Jaringan perpustakaan yang lebih luas.

B. Kekurangan Perpustakaan Berbasis Web

     Disamping memiliki banyak kelebihan, perpustakaan berbasis web juga memilki kekurangan diantaranya :
- Undang-undang hak cipta (Copy Right).
- Pengguna masih banyak yang lebih menyukai teks yang tercetak.
- Memakan banyak waktu pada proses digitasi dokumen.
- Jika terjadi pemadaman listrik pada server, pengunjung perpustakaan menjadi berkurang.

C. Alasan Menggunakan PHP dan MySQL

     Untuk merancang perpustakaan berbasis web saya memilih program PHP dan MySQL karena sifatnya yang open source atau gratis, namun dapat menghasilkan web dinamis yang powerful. Disertai dengan MySQL yaitu database berbasis server yang dapat menyimpan data dalam jumlah besar.

1.2 Ruang Lingkup :

     Aplikasi ini terdapat pada penggunaan perpustakaan berbasis web, transaksi peminjaman, dan database buku digital.

1.3 Tujuan Penelitian :

Tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk :
a. Untuk menyusun sebuah sistem informasi perpustakaan yang berbasis komputer secara sistematis, terstruktur, dan terarah.
b. Dengan adanya perpustakaan berbasis web, diharapkan dapat mempercepat proses penyelesaian pekerjaan bagian perpustakaan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya serta dapat meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik kepada para pengguna.
c. Sebagai sarana bagi penulis dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah, khususnya dalam hal pembuatan program.

1.4 Metode Penelitian :

    Subjek penelitian ini menggunakan teori-teori dan sumber-sumber acuan penelitian yang telah ada yaitu sistem informasi perpustakaan secara online berbasis web. Perangkat lunak sistem informasi perpustakaan online mencakup proses pencarian buku, pemesanan buku, dan layanan sirkulasi buku (peminjaman dan pengembalian).

    Peralatan yang digunakan terdiri dari perangkat keras (Hardware) yaitu sebuah komputer, perangkat lunak (Software) yang terdiri dari sistem operasi windows, AppServ (Apache, PHP, MySQL), dan Adobe Dreamweaver.

1.5 Sistematika Penelitian :

Bab 1 PENDAHULUAN

Pada Bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.

Bab 2 LANDASAN TEORI

Pada Bab ini penulis menguraikan tentang pengertian PHP, MySQL, dan Adobe Dreamweaver.

Bab 3 ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pada Bab ini penuis menguraikan tentang perancangan dan aplikasi yang akan dibuat, dapat berupa tampilan rancangan layar input, output atau hasil dan menguraikan membuat perpustakaan berbasis web.

Bab 4 KESIMPULAN DAN SARAN

Pada Bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan tentang hal-hal tertentu yang diajukan penulis yang diperoleh dari penelitian serta saran-saran yang ditujukan kepada penulis atau pengembang penelitian.


BAB 2


LANDASAN TEORI



2.1 PHP



     PHP (Hypertext Preprocessor), merupakan bahasa pemrograman web bersifat serverside, artinya bahasa berbentuk script yang disimpan dan dijalankan di komputer server (WebServer) sedang hasilnya yang dikirimkan ke komputer client (WebBrowser) dalam bentuk script HTML (Hypertext Mark up Language). (Wikipedia)



2.2 Database


       Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. (Wikipedia)
     Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis. (Wikipedia)
    Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.

2.3 MySQL

      MySQL adalah Sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan datanya sangat cepat, multi user serta menggunakan peintah dasar SQL (Structured Query Language).
      MySQL Merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya. MySQL pertama kali dirintis oleh seorang programmer database bernama Michael Widenius . Selain database server, MySQl juga merupakan program yang dapat mengakses suatu database MySQL yang berposisi sebagai Server, yang berarti program kita berposisi sebagai Client. Jadi MySQL adalah sebuah database yang dapat digunakan sebagai Client mupun server.

2.4 Adobe Dreamweaver
        Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web dari Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver dari Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang lengkap serta kemudahan dalam penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Kemudian setelah dibeli oleh Adobe Systems berkembang ke Versi selanjutnya yakni versi 9 (CS3) versi 10 yang ada dalam Adobe Creative Suite 4 (CS4) dan versi terbarunya yaitu CS5.
        Sebagai editor web yang handal, Adobe Dreamweaver tentunya dilengkapi dengan kemampuan manajemen situs, yang memudahkan kita mengelola keseluruhan elemen yang ada dalam sebuah situs. Kita juga dapat melakukan evaluasi situs dengan melakukan pengecekan broken link, kompatibilitas browser, termasuk validasi tag-tag HTML dan CSS yang tidak sesuai dengan pedoman secara otomatis serta perkiraan waktu download pada sebuah halaman web.   



BAB 3

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Bab ini berisikan tentang susunan pembuatan perpustakaan berbasis web sampai selesai.

BAB 4

KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan :
Kesimpulan, berisi jawaban dari tujuan yang diajukan penulis pada Bab 1, yang diperoleh dari kegiatan penelitian.

4.2 Saran :
Saran, berisi pemberian saran yang berkaitan dengan penelitian ini (Perancangan Perpustakaan Berbasis Web).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar