Minggu, 28 Desember 2014

Perbedaan Keluarga Masa Dulu dan Keluarga Masa Modern

     Pernahkah anda berpikir bagaimana kehidupan keluarga dari ayah dan ibu kita? Apakah sama seperti keluarga yang kita jumpai saat ini? Ya pasti anda pernah terbesit memikirkan masalah itu. Keluarga masa dulu memang kita tidak tahu pasti bagaimana aktifitasnya. Ya bagi yang sudah menjadi ayah atau ibu yang pastinya sudah merasakan keluarga masa lalunya dan merasakan keluarganya saat ini. Disitulah terasa perbedaan masa lalu dan masa modern.

    Disini saya akan membagi wawasan tentang perbedaan tentang keluarga masa dulu dan masa modern menurut yang bapak dan ibu saya ceritakan : Harap maklum jika tidak sependapat dengan para pembaca.


1. Komunikasi
    Inilah inti dari sebuah keluarga kita bisa berbagi cerita, keluhan, menyelesaikan permasalahan dengan berkomunikasi dengan keluarga. Tetapi komunikasi pada keluarga masa dulu dan masa modern. Masa dulu kita masih melihat sosial yang sangat erat, saling berbaur antar anggota keluarga, sering berkumpul. Berbeda dengan keluarga masa modern, dengan adanya era globalisasi, membuat komunikasi didalam keluarga rentan. Bahkan sibuk satu sama lain dengan istilah individualistis.

2. Hiburan
    Hiburan memang sangat berbeda jika kita lihat dari jaman ke jaman. Dilihat dari jaman modern mungkin keluarga hiburannya ke mall, atau juga jalan-jalan ke luar kota. Kalau dilihat dari keluarga masa dulu hiburan tidak setiap hari ada, seperti pasar malam, kalau tidak menonton layar tancep.

3. Aktifitas
    Aktifitas sangat berbeda jauh dari keluarga dulu dan keluarga modern. Bandingkan saja yang sekarang sudah ada televisi, handphone, games. Semua keluarga modern pasti menikmati hanya itu-itu saja. Coba kita lihat di keluarga dulu anak-anak membantu orang tua nya, bermain dengan anak-anak disekitar, selalu bersosialisasi terhadap lingkungan.

   Mungkin dari kita pun juga ingin merasakan kehidupan di keluarga dulu. Dan pastinya keluarga dulu sudah pasti merasakan keluarga modern khususnya ayah dan ibu kita. Tetapi inilah generasi hidup jaman modern. mengikuti arus teknologi, kemajuan pengetahuan yang dapat merubah segala kehidupan kita sehari-hari.

1 komentar:

  1. Hallo, saya sedang mencari cerita-cerita tentang keluarga dulu dan sekarang. Saya ada tugas untuk membuat short movie. Jika berkenan beberapa dari dasar ini akan di ambil dari tulisan disini. Terima kasih :)

    BalasHapus