Rabu, 21 Januari 2015

NERACA LAJUR UNTUK PERUSAHAAN DAGANG


Pengertian Neraca Lajur

           Neraca lajur atau sering disebut juga dengan Kertas Kerja (Work Sheet) merupakan kertas kerja berkolom-kolom (lajur) yang digunakan untuk memudahkan dalam membuat penyesuaian dan laporan keuangan perusahaan.


Tujuan Pembuatan Neraca Lajur

1.Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan
2.Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian,  sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuangan yang formal.
3.Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat   jurnal penyesuaian.

Fungsi Kertas Kerja

       alat bantu untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan dan membantu proses penutupan buku besar suatu perusahaan.

Bentuk Neraca Lajur

a) Neraca Lajur 6 Kolom
    Terdiri dari :
       1. Neraca Saldo
       2. Laba-Rugi
       3. Neraca

b) Neraca Lajur 8 Kolom
     Terdiri dari :
       1. Neraca Saldo
       2. Ayat Jurnal Penyesuaian (AJP)
       3. Laporan Laba-Rugi
       4. Neraca

c) Neraca Lajur 10 Kolom
    Terdiri dari :
      1. Neraca Saldo
      2. Ayat Jurnal Penyesuain (AJP)
      3. Neraca Saldo setelah Penyesuaian
      4. Laporan Laba-Rugi
      5. Neraca.

d) Neraca Saldo 12 Kolom
    Terdiri dari :
      1. Neraca Saldo
      2. Ayat Jurnal Penyesuain (AJP)
      3. Neraca Saldo setelah Penyesuaian
      4. Laporan Laba-Rugi
      5. Neraca
      6. Laporan Perubahan Modal

Pembuatan Neraca Lajur / Kertas Kerja Perusahaan Dagang

1. Pembelian, Beban Angkut Pembelian, Retur Pembelian dan Pengurangan Harga,      Potongan Pembelian. 
2. Penjualan, Retur Penjualan dan Pengurangan Harga, Potongan Penjualan. 
3. Persediaan Barang dagang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar